HKLCB Kenalkan Budaya Korea Secara Gratis

Homey Korean Languange Club Bandung (HKLCB)
Memperkenalkan Budaya Korea Secara Gratis

Pada era globalisasi yang sangat berkembang pesat seperti saat ini, hubungan yang bersifat internasional merupakan suatu hal yang tidak dapat dielakkan lagi keberadaannya. Oleh karena itu, masyarakat dituntut untuk dapat berfikiran terbuka dan tentunya harus memiliki wawasan yang yang bersifat menyeluruh dalam ruang lingkup nasional ataupun internasional. Dalam hal ini, bahasa menjadi salah satu instrument yang sangat vital dalam membentu kita untuk memperluas wawasan atas ruang lingkup internasional.

Negara Korea merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia yang  memiliki pengaruh yang cukup kuat di tengah-tengah era globalisasi ini. Perekonomiannya yang berkembang pesat dalam dekade terakhir serta kebudayaannya yang unik, membuat Korea sebagai salah satu macan Asia yang cukup disegani. Atas dasar ketertarikan dan minat yang sama terhadap bahasa dan kebudayaan Korea, maka terbentuklah klub atau komunitas bahasa ini. Yakni Homey Korean Languange Club Bandung atau lebih dikenal dengan HKLCB yang dibentuk pada 1 September 2006 oleh Park Chung Mo dengan tujuan untuk memperkenalkan bahasa Korea, kebudayaan Korea, serta semangat bangsa Korea kepada masyarakat Indonesia. 

Pada awal berdirinya, klub ini dinamakan Klub Cita Muda Mudi dengan anggota berjumlah 13 orang (angkatan 1). Kegiatan klub pada saat itu meliputi pembelajaran bahasa Korea dan mengadakan silaturahmi guna menjalin persahabatan dengan mahasiswa Korea yang ada di Bandung dengan cara memperkenalkan kebudayaan Korea dan Indonesia.
 
Pada bulan Januari 2008 klub ini berganti nama menjadi Homey Korean Language Club Bandung. Kemudian pada Maret 2007, klub ini mulai menambah anggota baru untuk pertama kalinya. Anggota baru (angkatan 2) ini kemudian disebut sebagai anggota muda. Anggota muda adalah mereka yang belum memenuhi syarat untuk menjadi anggota atau mereka yang baru bergabung dalam klub ini. Kegiatan ini dilaksanakan di kediaman Park Chung Mo hingga bulan Agustus 2008. 
Saat ini, kegiatan klub dilakukan di SMU Nasional Sadang Serang. Seiring dengan semakin bertambahnya peminat yang ingin mempelajari kebudayaan Korea, maka dilakukan Open Recruitment anggota baru setiap 6 bulan sekali dan kegiatan klub pun makin bertambah.

             HKLCB merupakan komunitas yang kegiatannya bersifat sosial. HKLCB memahami betul bahwa dalam tuntutan ekonomi yang berat seperti saat ini, akan sulit jika masyarakat harus menambah pengeluaran untuk kebutuhan-kebutuhan sekunder. Oleh karena itu HKLCB menyelenggarakan kegiatan belajar bahasa Korea yang bersifat gratis. Dengan begitu HKLCB bermaksud untuk memaksimalkan manfaat yang dapat diberikan terhadap anggota dan masyarakat. Setiap anggota nantinya akan berkontribusi dalam kegiatan mengajar dan juga kegiatan sosial lainnya.






Asep Saepuloh
1210405016





Related Post



Unknown mengatakan...

Annyeong... Hadiri KOREAN FESTIVAL di Politeknik Pajajaran (파자자란 기술 전문 대학) tgl 31 Jan '15 (jam 9-17) menampilkan K-POP, Traditional Dance & Choir Mahasiswa Mokwon University Korea (목원대학교). Acara GRATIS & terbuka utk umum. Ikuti pula Parade Cover K-Pop & Cover K-Dance oleh peserta Pelajar dan Umum & sesi Selfie dg mahasiswa Mokwon smile emotikon
Untuk pendaftaran K-Dance & K-Pop ke POLJAN di Grand Surapati Core Jl. Phh. Mustafa 155 Bdg atau hubungi:
- SMS/WA/Call: 0818 0201 5555 dan 082 115 776655
- PIN BB: 232e1970
- Twitter: @PoljanBdg
- FB: fb.com/PoljanBdg
Acara lainnya : K-Dance & K-Pop & Korean Traditional Dance (Hansamo Community), Flashmob, Korean Photo Booth, Korean Cooking Demo, Korean Face Painting, Korean Food Festival & Battle of Dance dari semua peserta & mahasiwa Mokwon Uni.

Posting Komentar